Sabtu, 19 September 2015

Pemodelan Sistem Berbasis Objek


Konsep awal programming (Basic) dengan kekuatan GOTO statement, ini merupakan Non Procedural Language

Procedural Language/Bahasa pemograman terstruktur menghilangkan kelemahan GOTO konsep non procedural language
Contoh : Pascal,COBOL,FORTRAN,BASIC dll.

Object Oriented Programming, mengarah pada konsep object. Akhir tahun 1960 diperkenalkan pertama kali dengan bahasa SIMULA. Tahun 1970 dikembangkan Smaltalk.
Bahasa pemrograman lainnya:Clipper5.2Java, Prolog dll.

Pendahuluan Pemodelan Sistem Berbasis Objek

Visual Object Oriented Programming, tahun 1991 diperkenalkan pertamakali dengan bahasa Visual Basic oleh Microsoft Bahasa pemograman lainnya:VisualC++, VisualFoxpro3.0, CORBA (CommonObjectRequestBrokerArchitecture), dll

Pengembangan berorientasi objek

merupakan cara berpikir baru tentang perangkat lunak berdasarkan abstraksi yang terdapat dalam dunia nyata. Dalam konteks pengembangan menunjuk pada bagian awal dari siklus hidup pengembangan sistem, yaitu survei, analis, desain, implementasi dan pemeliharaan sistem. Hal yang lebih penting dalam pengembangan berorientasi objek adalah konsep mengidentifikasi dan mengorganisasi domain aplikasi dari pada penggunaan bahasa pemrograman, berorientasi objek atau tidak.


Konsep Pemodelan

Berorientasi objek dalam proses konseptual terpisah dengan bahasa pemrograman sampai tahap terakhir.

Pengembangan berorientasi objek secara mendasar merupakan cara berpikir baru dan bukan suatu teknik pemrograman.

Dapat melayani sebagai media spesifikasi, analisa, dokumentasi dan interface sepertihalnya pemrograman.

Bahkan sebagai alat pemrograman, dapat memiliki berbagai sasaran, termasuk bahasa pemrograman dan basis data sebaik dengan bahasa pemrograman berorientasi obyek.


MetodologiObject Oriented

Fokus utama metodologi ini pada objek ,dapat digambarkan sebagai benda, orang, tempat dan sebagainya yang memiliki atribut dan metode.
Diperkenalkan tahun 1980 menggunakan perangkat kerja dan teknik-teknik yang dibutuhkan dalam pengembangan sistem, yaitu dynamic dan static object oriented model, state transition diagram dan case scenario.


Model Object Oriented

Objek di definisikan sebagai konsep, abstraksi atau benda dengan batasan dan arti untuk suatu masalah.
Semua objek mempunyai identitas yang berbeda dengan lainnya.

Kadang-kadang objek berarti suatu barang, maka digunakan istilah object instance, dan object class untuk menunjukkan satu grup dari barang yang sama.

Sebuah objek merupakan sebuah entitas yang mencakup data dan metode.

Kelas merupakan satu atau lebih objek dengan persamaan atribut dan metode, sedangkan kelas-&-objek adalah kelas dengansatu atau lebih objek didalamnya.

Nama kelas adalah kata benda tunggal, atau kata sifat dan kata benda.

Model Object Oriented

Istilah-istilahObjek
Atribut : Data item yang menegaskan Objek
Operasi : Fungsi didalam kelas yang dikombinasikan bentuk tingkah laku kelas
Metode : Pelaksanaan prosedur (badan dari kode yang mengeksekusi respon terhadap permintaan objek lain di dalam sistem).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar