Sabtu, 19 September 2015

Struktur Objek dan Hirarki Kelas

1. Whole - Part Structure

Memperlihatkan hirarki dari suatu kelas sebagai komponen dari kelas lain yang disebut juga sub objek. Contohnya, kelas Mobil adalah Whole dan komponennya Mesin, Rangka, dll merupakan Part1, Part2,…,Part n.



2. Gen - Spec

Memperlihatkan kelas sebagai spesialisasi dari kelas diatasnya. Kelas yang mempunyai sifat umum disebut Generalization,  Superclass atau Topclass. Kelas yang mempunyai sifat khusus disebut Specialization.
Contohnya
kelas Mobil adalah Generalization,
Sedan, Truk, Minibus, dll merupakan Specizlization 1, Specialization 2, dst.




Tahap-tahap metodologi berdasarkan Sistem Development Life Cycle (SDLC), dengan berorientasi objek dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Analisa
Model analisa adalah abstraksi yang ringkas dan tepat dari apa yang harus dilakukan oleh sistem, dan bagaimana melakukannya. Objek dalam model harus merupakan konsep domain dari aplikasi, bukan merupakan implementasi komputer seperti struktur data.

2. Design Fokus
Object design adalah perencanaan struktur data dan algoritma yang diperlukan untuk implementasi setiap kelas. Objek domain aplikasi dan objek domain komputer dijelaskan dengan menggunakan konsep dan notasi berorientasi objek yang sama


Tahap-tahap metodologi berdasarkan Sistem Development Life Cycle (SDLC), dengan berorientasi objek dapat dijelaskan sebagai berikut:

3.Implementasi

Kelas, objek dan relasinya dikembangkan dalam tahap object design, akhirnya diterjemahkan kedalam bahasa pemrograman, basisdata, dan implementasi perangkat keras. Dalam tahap implementasi hal yang penting adalah mengikuti penggunaan perangkat lunak yang baik.


Object

Objek adalah kombinasi antara struktur data dan perilaku dalam satu entitas dan mempunyai nilai tertentu yang membedakan entitas. Bisaberupa:
Obyek konkrit: rumah,sekolah,dosen,mahasiswa,dll.
Obyek abstrak: matakuliah,penjadwalan,dll.

Karakteristiknya adalah:

Memiliki Identity (identitas)

Memiliki klasisfikasi

Memiliki state (kondisi/keadaan) State sebuah objek dinyatakan dalam attribute/properties

Memiliki behavior (perilaku/method) Perilaku suatu objek dinyatakan dalam operation. Perilaku suatu objek adalah mendefinisikan bagaimana objek tersebut bertindak dan memberikan reaksi.

CONTOH OBYEK 

Atribut:
•Nomor Polisi 
•Ban, Stir, Pedal Kopling/Gas/Rem
•Warna, TahunProduksi

Behavior/TingkahLaku:
•Cara MenghidupkanMesin 
•Cara ManjalankanMobil 
•Cara MemundurkanMobil







Tidak ada komentar:

Posting Komentar